Senin, 12 April 2010

PERPUSTAKAAN RADYAPUSTAKA

Perpustakaan Museum Radyapustaka selalu di penuhi banyak pengunjung, pengunjung perpustakaan bisanya terdiri dari kategori pelajar, mahasiswa,  dosen, seniman, budayawan dan lain- lain. Biasanya  pengunjung Perpustakaan Radyapustaka datang untuk mencari data -data yang berasal dari buku dan naskah kuno, serat, carik, ataupun suluk yang biasanya berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan kebudayaan terutama tentang sejarah, adat istiadat, kesenian, pranata mangsa, dll. koleksi perpustakaan yang paling terkenal yaitu serat manik maya, wuku dan suluk syeh siti jenar. Di perpustakaan radyapustaka kita di bantu oleh penjaga perpustakaan yang ramah dan profesional.

Antusias pengunjung Perpustakaan radayapustaka sangatlah besar, mereka rela ber- lesehan di lantai teras museum dengan beralaskan karpet,  hanya untuk membaca ataupun mencari data dari koleksi buku atau naskah - naskah dari museum. Hal ini sering terjadi di lokasi museum, karena keterbatasan tempat / ruang perpustakaan di perpustakaan  Radyapustaka.  Tahun ini pihak museum berencana merehab struktur bangunan museum, khususnya memindah ruang perpustakaan  yang  sebelumnya berada di lantai 1dan selanjutnya akan dipindah  ke lantai 2 tetapi proyek itu baru akan terealisasi satu hingga dua tahun ke depan.




2 komentar:

  1. wuaaaaa jd kngn aq ma museum....
    kngn guide.. :)

    BalasHapus
  2. berkaitan dengan naskah kuno, apakah di perpustakaan radya pustaka dilakukan perawatan dan pelestarian koleksi naskah kuno?

    BalasHapus